Sosok Yang Baik Dapat Buat Contoh Anak Kita

Ketika anak beranjak dewasa, tentu mereka akan mencari seseorang untuk menjadi role Model atau sosok yang akan mereka tiru.

Akan tetapi, sejauh ini kebanyakan anak-anak dan remaja masih terpaku pada role Model yang ada di media sosial.

Untuk membantu anak mengetahui siapa role Model yang baik, orangtua harus ikut berperan dalam hal ini.

"Orangtua, dibantu instansi seperti sekolah dan komunitas keagamaan, seharusnya berperan sangat ekstra," kata Nana Gerhana, MPsi, psikolog, kepada Kompas.com dalam pesan singkatnya, Jumat (5/8/2016).

Lebih lanjut, Nana menjelaskan bahwa anak merupakan produk orangtua dan lingkungan. Mereka mulai belajar sejak dini dalam memahami, meniru, dan mengaplikasikan pada diri mereka.

Namun, apakah Anda sebagai orangtua sudah memberikan contoh yang baik?

Sering kali orangtua terlalu sibuk dengan diri sendiri dan pekerjaan sehingga meninggalkan anak sendirian. Banyak juga orangtua yang lebih sering memerintah ketimbang memikirkan perasaan anak.

Hal-hal tersebut tentunya bisa menjadi faktor yang menyebabkan anak-anak kecanduan gadget dan media sosial. Seperti yang dikatakan Nana bahwa anak merupakan produk dari orangtua.

Maka dari itu, setiap orangtua harus memperhatikan anaknya, terutama dalam penggunaan gadget. Tanpa pengawasan yang tepat, anak-anak bisa salah memilih role Model.

"Memberikan gadget dan alat-alat digital lainnya tentu harus dipikirkan masak-masak. Sebab, orangtua tetap memiliki hak untuk mengontrol penggunaannya," kata Nana.

0 Response to "Sosok Yang Baik Dapat Buat Contoh Anak Kita"

Posting Komentar