Cara Mengilangkan Kantuk Pada Waktu Siang

Wah, kalau sudah masuk jam makan siang, mata rasanya sudah terasa berat dan ingin tidur. Apalagi jika kekenyangan makan siang. Mau kembali kerja atau beraktivitas lagi pun sudah ogah-ogahan. Tapi kalau masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan di siang hari, kita pun harus berusaha sekuat tenaga untuk menahan rasa kantuk.

Dilansir dari shape.com, ada sejumlah trik unik yang bisa Anda lakukan untuk menghindari rasa kantuk di siang hari. Cara-cara ini pun sangat simpel dan bisa dilakukan sekarang juga. Penasaran? Yuk, langsung simak tips dan triknya di bawah ini.

    Kenakan Parfum Lemon

    Semprotkan parfum beraroma lemon atau jeruk di siang hari. Peneliti menemukan bahwa orang yang mencium aroma lemon, kadar norepinephrine (hormon yang berfungsi untuk membuat kita terjaga, meningkatkan energi dan konsentrasi) akan meningkat. Mood pun bisa meningkat saat kita mencium aroma jeruk lemon ini.
    Dapatkan Sinar Matahari

    Russel J. Reiter, ketua penulis sebuah penelitian yang meneliti peran sinar matahari pada kesehatan manusia menjelaskan bahwa penting sekali bagi orang-orang yang bekerja di dalam ruangan untuk pergi ke luar ruangan secara rutin. "Mendapatkan paparan sinar matahari akan memberikan dampak besar pada ritme melatonin dan bisa meningkatkan suasana hati, energi, dan kualitas tidur," jelas Russel. So, tak ada salahnya untuk keluar sebentar dari ruangan Anda untuk mendapatkan sinar matahari ya.
    Lihat Sesuatu yang Berwarna Merah

    Menurut para peneliti, warna terang bisa mengaktifkan rasa awas untuk lebih berhati-hati dan meningkatkan keterjagaan dan energi kita. Para peserta dalam sebuah penelitian yang melihat instruksi bertinta merah memiliki reaksi yang lebih cepat dan energik. Hanya saja, jangan sampai berlebihan. Para peneliti juga menyampaikan bahwa warna merah bisa membuat orang merasa tertekan kalau digunakan berlebihan.
    Meditasi

    Meditasi adalah aktivitas yang bisa membuat kita lebih rileks. Saat rileks dan tenang itu akan membuat kita mampu mengembalikan energi mental untuk lebih fokus dan berenergi. Penelitian pun memperlihatkan bahwa meditasi bisa meningkatkan produktivitas, kreativitas, dan memori.
    Kunyah Permen Karet

    Wah, ternyata mengunyah permen karet bisa meningkatkan energi tubuh kita. Peserta penelitian yang mengunyah permen karet melaporkan bahwa mereka memiliki mood yang lebih baik dan tingkat awas yang lebih tinggi. Ketika diberi banyak pekerjaan berat dalam lingkungan yang penuh tekanan, orang yang mengunyah permen karet bisa fokus lebih lama dan lebih cekatan dibandingkan orang yang tidak mengunyah permen karet. Tapi permen karet yang dikunyah sebaiknya yang bebas gula, ya.

Ternyata ada banyak cara dan trik seru ya untuk menghindari rasa kantuk di siang hari. So, Anda mau mencoba trik yang mana nih? Atau Anda punya trik tersendiri untuk melawan rasa kantuk di siang hari?

0 Response to "Cara Mengilangkan Kantuk Pada Waktu Siang"

Posting Komentar