Betsy Davies Gadis 7 Jago Jebol Hotspot Wi-Fi

Hotspot Wi-Fi yang biasanya menawarkan akses internet gratis semakin hari semakin menjadi target empuk peretasan hacker, bahkan mereka yang baru mengenal dunia hacking. Buktinya ada pada seorang gadis 7 tahun bernama Betsy Davies.

Betsy Davies adalah anak yang menjadi sukarelawan untuk melakukan eksperimen hacking hotspot Wi-Fi pada kalangan awam. Hasilnya pun cukup mengejutkan, Betsy mampu membobol hotspot Wi-Fi hanya dalam 10 menit setelah melihat sebuah video tutorial hacking dari YouTube.

Tidak salah bila akhirnya pimpinan dari eksperimen tersebut, Marcus Dempsey (salah satu pakar keamanan internet Inggris), percaya bila serangan pasa akses Wi-Fi publik akan meningkat pesat.

Dalam aksinya, Betsy dengan mudah memasang akses point atau jalur akses nirkabel siluman atau Rogue Access Point (RAP). Jaringan RAP sendiri menjadi pilihan banyak hacker untuk melancarkan serangan 'man-in-the-middle' untuk masuk ke dalam lalu lintas jaringan perusahaan tanpa diketahui.

Dengan masuk ke dalam jaringan perusahaan, Betsy dapat menyerang sistem dan membajak data yang masuk ke jaringan utama. Menariknya, Betsy mampu melakukannya hanya dengan meminjam laptop pengunjung restoran tempatnya beraksi.

Melihat hasil hacking Betsy yang cukup sukses tersebut, Dempsey mengaku khawatir dengan perkembangan hacking Wi-Fi publik.

"Hasil dari eksperimen ini mengejutkan. Orang dewasa sebaiknya mulai menanamkan etika di dunia maya pada anak-anak, serta memberitahu mereka tentang bahaya internet. Dengan makin mudahnya aksi hacking, seseorang bisa jatuh ke lembah hitam dunia hacker," jelas Dempsey, Daily Mail (21/01).

Aksi peretasan hotspot Wi-Fi publik juga kian mengkhawatirkan. Sebab, hacker diketahui membuat smartphone pengunjung kafe terkoneksi dengan Wi-Fi palsu tanpa sepengetahuan mereka. Hal ini dapat berujung pada pencurian data dan peretasan email pengguna.

Terlebih menurut penelitian HMA (HideMyAss.com), saat ini jumlah orang yang sering memanfaatkan jaringan Wi-Fi gratis yang tidak aman semakin meningkat, terakhir jumlahnya mencapai 59 persen dari seluruh pengguna gadget di Inggris.

0 Response to "Betsy Davies Gadis 7 Jago Jebol Hotspot Wi-Fi"

Posting Komentar