6000 Bahasa Yang Ada Di Dunia

Bahasa adalah alat komunikasi yang sudah terbentuk sejak sejarah manusia ada. Sayangnya, perubahan cara hidup manusia membuat keanekaragaman bahasa terancam. Puncaknya, hanya ada ratusan bahasa yang tersisa satu abad mendatang.

Saat ini diketahui ada 6000 bahasa yang ada di seluruh belahan bumi. Indonesia sendiri diperkirakan mempunyai 726 bahasa daerah yang masih digunakan sampai saat ini. Parahnya, jumlah itu akan menyusut drastis hingga tersisa 10 persen saja di tahun 2115 nanti. Ahli bahasa dari Universitas Columbia memprediksi bila hanya akan tersisa 600 bahasa saja di dunia seratus tahun dari sekarang.

Apa yang mempengaruhi kepunahan ribuan bahasa yang ada sekarang?

Jawabannya adalah migrasi atau perpindahan penduduk akibat arus globalisasi. Ya, peneliti berpendapat bila banyak orang tua yang berpindah dari daerah asalnya mempunyai kecenderungan untuk tidak mengajarkan bahasa ibu mereka pada sang anak.

Kegiatan semacam urbanisasi juga diklaim membuat banyak orang melupakan bahasa daerah mereka dan akhirnya lebih terbiasa dengan bahasa baru di daerah urbanisasi. Saat sebuah bahasa hanya digunakan oleh beberapa kelompok atau individu saja, peluang bahasa itu untuk punah akan semakin besar seiring dengan hilangnya kebudayaan.

"Bahasa bukan hanya gabungan kata saja, bahasa adalah bagian dari kebudayaan yang diajarkan sejak dini dan digunakan saat-saat intim bersama keluarga. Dengan semakin sedikitnya budaya yang tersisa, jumlah bahasa yang ada pun bakal terus berkurang," jelas Dr. John McWhorter, ahli bahasa dari Universitas Columbia, Daily Mail (21/01).

Menariknya, salah satu penyelamat bahasa-bahasa dari kepunahan adalah Google. Aplikasi 'Google Translate' yang mereka buat teru dikembangkan dan mencakup lebih banyak bahasa, termasuk bahasa daerah seperti bahasa Jawa sekalipun.

Meskipun para ahli masih sangsi aplikasi penerjemah bahasa sanggup menunda kepunahan sebagian besar bahasa di dunia, kemudahan alih bahasa yang ditawarkan oleh aplikasi semacam Google Translate dapat membuat banyak bahasa terus hidup.

0 Response to "6000 Bahasa Yang Ada Di Dunia"

Posting Komentar